Menelusuri Sejarah, Seni, Kuliner dan Pantai di Penang

Penang adalah sebuah pulai di Malaysia yang terkenal dengan pulai mutiara. Nah, jika dari Indonesia, letak pulai Penang, Malaysia ini akan lebih dekat dari wilayah Sumatera Utara seperti Medan dan sekitarnya. Penang juga merupakan pulau yang indah dan memiliki kenyamanan yang tidak bisa ditemui di sisi lain di Malaysia. Nah, dalam sejarah Penang dahulunya ditemukan oleh koloni Inggris di tahun 1786 yang sedang di bawah pimpinan Kapten Francis Light.

Sejak saat itulah Penang menjadi salah satu bagian dari East India Company dan bersama juga dengan Singapura dan Malaka. Nah, Penang juga terkenal dengan kota yang sangat modern  dan tidak akan lepas dengan resor, gemerlap dan kenyamanan untuk tempat tinggal. Di Penang terdapat beberapa kuliner yang lezat serta keindahan alam dan budaya penang yang menarik.

Keindahan Alam Dan Budaya Penang

Beberapa keindahan alam pantai, seni dan budaya Penang adalah :

  1. Museum Made in Penang

Museum Made in Penang adalah sebuah museum yang menarik karena ada diorama yang menggambarkan pelabuhan Penang pada saat masih dikuasai oleh Inggris. Museum ini termasuk gedung yang cukup bersejarah Behn Meyer dan akhirnya dijadikan sebagai museum.

  1. Penang Street Art

Penang street art sangat mengundang banyak wisatawan karena menjadi salah satu daya tarik yang menarik dii Georgetown. Nah, di tembok-tembok tua yang tidak terurus kini banyak street art yang sangat menarik dan menjadi spot foto bagi wisatawan yang datang langsung kesana. Namun di siang hari biasanya udaranya akan terasa panas sehingga perlu memakai topi atau pelindung lainnya.

  1. Pantai Batu Ferringhi

Kemudian untuk wisata alam pantai di Penang yang paling bagus dikunjungi adalah pantai Batu Ferringhi. Pantai ini lokasinya juga tidak jauh dari pusat kota Georgetown dengan waktu tempuh kira-kira adalah 30 sampai 45 menit saja. Pemandangan pantai pasir putih dan juga suasana pantai yang tenang menjadi destinasi wisata alam yang menyenangkan.

  1. Pantai Tanjung Bungah

Destinasi wisata pantai di Penang yang indah selanjutnya adalah pantai Tanjung Bungah yang terkenal dengan keindahan pemandangan sunset. Wisatawan sering memburu keindahan sunset di pantai Tanjung Bungah di sore hari sambil menyewa perahu yang telah tersedia disana.

Itulah beberapa keindahan alam pantai dan budaya Penang.

Kuliner Lezat Khas Penang

Beberapa macam kuliner lezat khas Penang yang harus dicoba adalah :

  1. Nasi ulam

Nasi ulam merupakan salah satu hidangan khas Melayu yang paling lezat. Makanan ini terdiri dari isi dan campuran yang bermacam-macam, seperti daun kaduk, irisan bawang, daun jambu muda dan rempah-rempah lainnya sebagai penambah rasa. Kemudian nasi ulam juga dilengkapi dengan kerisik atau tumbukkan kelapa panggang dan juga ikan goreng yang telah diparut.

  1. Char Koa Kak

Char Koau Kak  merupakan makanan yang seperti kwetiau  dan biasanya dicampur dengan telor dan tauge kemudian ditambah dengan rempah-rempah yang lainnya. Bagi Anda yang sedang berada di Malaysia khususnya sedang di Penang harus mencoba kuliner satu ini.

  1. Onde-onde Penang

Kemudian onde-onde Penang adalah makanan khas Penang yang jika dilihat itu seperti klepon. Rasa dari onde-onde Penang ini sangat khas sehingga cocok untuk dijadikan camilan.

  1. Pulut Tai Tai

Pulut Tai Tai merupakan yang berbahan baku dari beras ketan dan biasanya juga akan diwarnai dengan pewarna alami. Pewarna alami yang dipakai untuk membuat Pulut Tai Tai adalah  bunga telang sehingga akan memberikan warna biru.

Nah, jadi itulah keindahan Penang yang bisa ditelusuri dan dinikmati oleh wisatawan.


Comments are closed